Haruskah Anda Membeli Mobil Baru Itu? 5 Alasan untuk Menjaga Clunker Anda Berjalan – White My ID

Penulis tamu David Bakke membagikan wawasannya tentang pengelolaan uang, belanja cerdas, dan keluar dari utang di Money Crashers, salah satu blog keuangan pribadi peringkat teratas.

Di zaman sekarang ini, orang terus meningkatkan hampir semua alat, perangkat, dan gadget yang mereka miliki. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang merasa perlu membeli mobil baru setiap beberapa tahun sekali. Secara pribadi, menurut saya obsesi dengan “peningkatan” itu konyol, tetapi saya juga mengerti bahwa itu hanyalah salah satu tren terbaru masyarakat.

Sayangnya, tren ini sering kali merugikan Anda lebih dari sekadar harga eceran—membeli mobil baru daripada mempertahankan mobil lama membawa biaya tambahan yang cukup besar. Berikut adalah lima alasan bagus mengapa Anda harus mempertahankan kendaraan “ketinggalan jaman” itu lebih lama.

5 ALASAN UNTUK MENYIMPAN MOBIL TUA ANDA

1. Hidup Tanpa Pembayaran Mobil

Butuh waktu lama sebelum saya mengalami kegembiraan hidup tanpa pembayaran mobil. Sayangnya, saya merusak dua mobil pertama saya tepat sebelum mereka lunas. Kemudian, pada tahun 2000, saya akhirnya melunasi mobil yang masih saya kendarai.

Izinkan saya memberi tahu Anda sesuatu: tidak harus menulis cek untuk pembayaran mobil setiap bulan sangat besar tabungan dalam dana pribadi Anda. Bayangkan saja memiliki sisa $300 atau lebih di akhir setiap bulan. Saya dapat menggunakan dana tersebut untuk melunasi semua hutang kartu kredit saya dan mulai menabung dengan serius untuk masa pensiun.

Jika saat ini Anda mengendarai mobil yang sudah dilunasi tetapi sedang mempertimbangkan untuk membeli yang baru, tanyakan pada diri Anda ini: “Apakah saya benar-benar ingin uang itu keluar dari saku saya setiap bulan lagi?”

2. Peluang Menabung untuk Mobil Anda Selanjutnya

Jika Anda baru saja melunasi mobil Anda saat ini, mengapa tidak menggunakan kesempatan untuk menabung untuk membeli mobil baru? Lanjutkan untuk “melakukan” pembayaran mobil Anda, tetapi sisihkan di semacam rekening berbunga.

Jika Anda mempertahankan mobil Anda saat ini selama tiga tahun lagi, menyisihkan $300 atau lebih pembayaran itu setiap bulan, Anda akan memiliki hampir $11.000 untuk digunakan pada mobil Anda berikutnya. Dan itu bahkan belum termasuk bunga yang Anda peroleh dari uang itu!

3. Depresiasi

Saya yakin Anda pernah mendengarnya jutaan kali sebelumnya, tetapi penting untuk diingat ketika Anda tergoda untuk membeli kendaraan baru yang mengilap itu: nilai mobil baru mulai terdepresiasi segera setelah Anda mengendarainya.

Tidak mungkin memberi Anda angka pasti tentang masalah ini karena berfluktuasi berdasarkan harga pembelian mobil. Berikut adalah perkiraan kasar yang perlu diingat: Anda dapat berharap untuk kehilangan sekitar 50% nilai selama lima tahun pertama memiliki mobil baru. Bandingkan dengan biaya pemeliharaan mobil Anda saat ini selama lima tahun ke depan. Aku yakin Old Reliable terlihat cukup bagus saat ini.

4. Biaya Tidak Langsung

Seringkali, orang tidak memperhitungkan biaya tidak langsung untuk memiliki mobil saat mempertimbangkan apakah akan membeli kendaraan baru.

Ambil asuransi mobil, misalnya. Jika Anda membeli mobil baru, rencanakan untuk membayar premi asuransi yang jauh lebih tinggi. Sebagai ilustrasi, saya memperoleh penawaran asuransi pada Toyota Corolla 2010 dan Toyota Corolla 2005 dengan menggunakan faktor yang sama (termasuk usia dan catatan mengemudi). Jika Anda membeli mobil yang lebih baru, Anda akan membayar hampir $300 lebih banyak per tahun untuk pertanggungan asuransi mobil Anda. (Catatan: penting untuk membandingkan penawaran asuransi mobil dari beberapa perusahaan mobil mana pun yang Anda putuskan, karena tarif antar perusahaan dapat sangat berbeda, bahkan untuk pertanggungan yang sama).

Ada juga biaya perpanjangan tag untuk dipertimbangkan. Saat ini saya memiliki dua mobil: Toyota 1994 dan Toyota 2005. Biaya pembaruan tag tahunan untuk mobil tahun 2005 saya biasanya sekitar $150. Namun, biaya perpanjangan untuk “clunker” saya kurang dari $30. Gabungkan kedua pengeluaran ini saja dan Anda akan menghemat lebih dari $400 per tahun dengan mempertahankan mobil Anda saat ini.

5. Lingkungan

Tahukah Anda bahwa menjaga mobil Anda saat ini membantu lingkungan?

Tindakan mengganti kendaraan Anda berdampak langsung pada dunia tempat kita tinggal. Proses pembuatan mobil baru menghabiskan energi dan sumber daya, dan ada juga biaya lingkungan untuk membuang mobil tua. Membutuhkan energi untuk menghancurkan dan mendaur ulang logam, dan beberapa suku cadang mobil yang tidak dapat didaur ulang berakhir di tempat pembuangan akhir. Cairan sisa, zat pendingin, dan bahan kimia lainnya berubah menjadi limbah berbahaya.

PIKIRAN AKHIR

Saya mengendarai Toyota Tercel tahun 1994. Ya, 1994. Ini bukan mobil paling menarik di dunia, tapi bisa membawa saya dari titik A ke titik B dengan baik. Selama beberapa tahun, alasan saya adalah bahwa saya akan terus menginvestasikan uang untuk perawatan mobil ini sampai perbaikan datang dengan biaya lebih dari nilai mobil saat ini. Itu belum terjadi.

Jika Anda khawatir tentang biaya perbaikan yang diperlukan untuk merawat mobil Anda saat ini, tanyakan kepada teman dan anggota keluarga Anda apakah mereka mengenal seseorang yang melakukan perbaikan sampingan. Alternatifnya, jika Anda berguna, pelajari tips perawatan mobil DIY. Anda akan menghemat bundel daripada membawanya ke toko. Jika Anda berpikir bahwa Anda “membutuhkan” mobil baru saat ini, lihat biaya finansial keseluruhan. Anda mungkin hanya ingin memegang mobil Anda saat ini untuk sementara waktu.

Apakah Anda memilih untuk menyimpan mobil tua daripada membeli yang baru? Bagaimana Anda menggunakan uang ekstra?

###