4 Negara Terbaik Untuk Belajar di Luar Negeri Dengan Biaya Murah (Bahkan Gratis) – White My ID

Pada artikel ini saya akan membagikan empat negara yang menawarkan program pendidikan dengan sedikit atau tanpa uang. Anda juga akan menemukan banyak sumber daya dalam artikel untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut apakah bersekolah di negara lain tepat untuk Anda.

Empat tempat bagus untuk belajar di luar negeri dengan harga murah (atau bahkan gratis)

1. Jerman

Saat ini lebih dari 4.000 orang Amerika bersekolah di Jerman. Jumlah itu meningkat dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

Biaya kuliah gratis di Jerman, tetapi Anda harus membayar beberapa ratus dolar untuk biaya lain-lain. Anda juga harus menanggung kamar dan pondokan Anda sendiri, serta biaya hidup lainnya.

Jerman memiliki lebih dari 900 program sarjana dan pascasarjana yang tersedia dalam bahasa Inggris. Tapi, tidak seperti di Amerika Serikat, Anda akan diterima di jurusan, yang akan memengaruhi program studi yang Anda ambil. Anda tidak bisa begitu saja “tidak dideklarasikan” sampai Anda memutuskan ingin memilih sesuatu, seperti yang bisa Anda lakukan di kebanyakan universitas Amerika.

Artikel ini (milik BBC) adalah sumber yang bagus untuk informasi yang lebih mendalam tentang kuliah atau sekolah pascasarjana di Jerman. Ini juga memberikan detail tentang cara mendaftar dan memulai.

2. Prancis

Prancis adalah tempat lain yang sangat baik bagi siswa untuk menghadiri kuliah atau sekolah pascasarjana dengan biaya rendah. Meskipun tidak gratis, universitas negeri Prancis hanya mengenakan biaya sekitar $200 untuk biaya kuliah.

Mengetahui bahasa Prancis memang membantu, tetapi Anda tidak harus melakukannya, karena banyak program sekarang diajarkan dalam bahasa Inggris. Faktanya, ada sekitar 700 program yang dirancang untuk siswa berbahasa Inggris.

Prancis juga dikenal dengan sistem pendidikannya yang kuat, dan biaya hidupnya tidak terlalu buruk. Misalnya, sewa sekitar 50 persen lebih rendah di Prancis daripada di Amerika Serikat.

3. Norwegia

Sekitar 15.000 mahasiswa internasional belajar di Norwegia. Dan untuk alasan yang bagus juga. Biaya kuliah gratis. (Namun, mungkin ada beberapa pengecualian).

Norwegia menawarkan gelar sarjana, master, dan PhD. Ada juga semakin banyak program yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, yang menjadikannya tempat yang menarik untuk melanjutkan ke sekolah pascasarjana bagi warga AS.

Satu kejatuhan utama ke Norwegia adalah biaya hidup, dibandingkan dengan Amerika Serikat. Hal-hal seperti sewa dan makanan cenderung lebih mahal di Norwegia.

Ini adalah artikel yang bagus tentang bagaimana rasanya belajar di Norwegia. Penulis juga memandu Anda tentang cara mendaftar dan mendapatkan visa pelajar di sana.

4. Finlandia

Di luar beberapa pengecualian kecil, tidak ada biaya kuliah di Finlandia, terlepas dari kewarganegaraan Anda. Seperti kebanyakan negara lain, Anda masih sendirian untuk biaya hidup.

Ada banyak manfaat untuk belajar di Finlandia. Berikut beberapa di antaranya:

  • Ada banyak program yang ditawarkan dalam bahasa Inggris
  • Ada sejumlah besar (dan terus bertambah) siswa internasional yang melanjutkan ke sekolah pascasarjana di sana
  • Biaya hidup rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat, dan
  • Ini adalah tempat yang indah untuk menjadi

Seberapa sulit untuk melakukan ini?

Mendaftar dan masuk ke universitas di luar negeri tidak jauh berbeda dengan di Amerika Serikat. Dua hal utama yang ingin Anda perhatikan adalah biaya hidup negara dan mendapatkan visa pelajar.

Anda dapat memperkirakan biaya hidup Anda menggunakan situs seperti Numbeo. Pastikan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam sebelum naik pesawat dan menuju ke negara lain, karena ini hanyalah perkiraan.

Mendapatkan visa pelajar bisa menjadi proses yang sederhana, tetapi setiap negara memiliki aturan dan peraturannya sendiri yang harus Anda ikuti. NAFSA.org adalah tempat awal yang baik untuk melakukan penelitian tentang visa pelajar untuk negara tempat Anda akan belajar.

Selain itu, Anda pasti ingin memikirkan hal-hal seperti kejutan budaya dan kerinduan. Anda akan berada di negara yang benar-benar asing dengan aturan, kebiasaan, dan adat istiadat yang asing. Pastikan Anda merasa nyaman dengan jenis perubahan ekstrem ini, terutama jika Anda mengikuti program gelar 4–5 tahun di sana.

Bisakah saya mendapatkan pinjaman?

Beberapa universitas akan menawarkan program beasiswa kepada mahasiswa internasional, tetapi itu tidak umum. Apalagi jika biaya kuliah sudah gratis atau murah.

Beasiswa yang ditawarkan cenderung mencakup lebih dari sekedar biaya kuliah. Misalnya, mungkin membantu Anda membayar biaya hidup seperti kamar dan penginapan. Anda akan ingin melihat ke universitas tertentu untuk informasi ini.

Sejauh pinjaman berjalan, beberapa universitas di negara lain mengambil bagian dalam program pinjaman federal. Daftarnya cukup singkat, tetapi Anda mungkin menemukan satu yang menarik bagi Anda. NAFSA juga berbicara tentang mitos dan realitas pembiayaan pendidikan Anda di luar negeri.

Jika semuanya gagal dan Anda tidak dapat menemukan universitas dengan biaya kuliah gratis, Anda sebaiknya mencari penyedia pinjaman pihak ketiga. Beberapa dari perusahaan ini juga akan membantu Anda membiayai sebagian biaya hidup Anda. Berhati-hatilah dengan pinjaman ini, dan pastikan untuk membaca semua cetakan kecil sebelum menyetujui apa pun.

Siapa yang belajar di luar negeri bukan untuk

Mendapatkan gelar di negara lain bukan untuk semua orang. Jika salah satu dari situasi ini berlaku untuk Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk belajar di luar negeri:

  • Anda rindu rumah
  • Anda tidak bepergian dengan baik
  • Anda tidak menyesuaikan diri untuk berubah
  • Anda tidak dapat berkomitmen untuk tinggal di negara lain selama 4 hingga 5 tahun
  • Anda tidak mampu membayar biaya hidup di negara lain
  • Anda tidak terbuka untuk gagasan bekerja di negara itu setelah Anda lulus
  • Anda bukan pengambil risiko
  • Anda tidak berbicara bahasa asing
  • Anda akan merindukan kemewahan yang biasa Anda miliki di sini

Kesimpulan

Pergi ke sekolah pascasarjana tidak harus menghabiskan banyak uang. Jika Anda ingin mengubah gaya hidup, Anda bisa mendapatkan gelar gratis di negara lain. Terkadang kualitas pendidikan bahkan lebih baik daripada di Amerika Serikat.

Sebelum Anda membuat keputusan besar, tinjau semua pro dan kontra. Lihatlah berapa biayanya ketika Anda memperhitungkan biaya perjalanan dan hidup. Pastikan belajar di luar negeri tepat untuk Anda, karena itu komitmen besar.

Jika Anda masih memerlukan bantuan untuk memutuskan, berikut adalah beberapa sumber lain untuk dilihat:

Pernahkah Anda belajar di luar negeri, atau mempertimbangkan untuk belajar di luar negeri? Silakan bagikan pengalaman Anda dengan kami di bawah ini!